Langsung ke konten utama

MEMAHAMI, MENERIMA, DAN MENCINTAI DIRI SENDIRI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang paling sempura. Karena manusia dibekali dengan akal, pikiran, dan perasaan. Sedangkan makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan tidak dibekali. Selain itu, manusia juga merupakan makhuk yang unik karena berbeda satu dengan yang lainnya, bahkan anak kembarpun pasti mempunyai perbedaan. Oleh karena itu, Kita harus selalu bersyukur terhadap pemberian Tuhan. Rasa syukur tersebut dapat diwujudkan dengan mencintai diri sendiri. Sebelum itu, kita perlu memahani serta menerima diri sendiri baik itu kekurangan ataupun kelebihan. 

Sebelumnya, saya Dimas Aditiya Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya, Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informasi. 18 tahun, saya mencoba untuk memahami, menerima, dan mencintai diri saya sendiri, proses tersebut sangat panjang dan tidak mudah. 

Saya akan membahas mengenai memahami, menerima, dan mencintai diri sendiri.

1. Memahami Diri Sendiri ( Self-Awarenesas)

Dalam pengertiannya, Self-awareness merupakan kemampuan diri untuk menyadari perasaan emosi maupun  fisik, reaksi kita terhadap sesuatu, kebiasaan kita, dan pikiran kita. Sejak kecil kita telah diajarkan tentang konsep diri atau label diri. Dari sana kita dapat mengetahui bahwa jenis kelamin kita laki-laki atau perempuan, bagaimana bentuk tubuh, warna kulit, jenis rambut, status sosial kita, dan lain sebagainya. Sebenarnya dari kesadaran akan hal-hal tersebut kita sudah memiliki modal untuk saling menghargai satu sama lain. 

    Bagaimana cara kita dapat memahami diri sendiri ? berikut caranya.
1. Mengetahui Kegiatan Favorit
2. Mencari Tahu Soal Kepandaian
3. Jangan Ragu Bertanya
4. Menghargai Dirimu Sendiri
5. Mengetahui Potensi yang Paling Dominan
6. Tentukan Tujuan Hidup
7. Menerima Kegagalan
8. Melihat Diri Sendiri

2. Menerima Diri Sendiri (Self-Acceptance)

Self-acceptance adalah suatu sikap memandang, melihat sebagaimana adanya dan menerima secara baik disertai rasa percaya diri dan bangga, sambil terus berusaha demi kemajuan dirinya, Self -acceptance menjadikan seseorang untuk dapat memetakan hal apa yang hendak dilakukan setelah menyadari kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Penerimaan diri dibangun atas dasar kesadaran untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya dengan perasaan dan langkah-langkah positif.

    Berikut cara kita dapat menerima diri sendiri.
1. Gunakan kacamata paradigma baru
2. Tetapkan standar atau target yang realistis
3. Lakukan sesuatu yang membuat Anda lebih menyukai diri Anda
4. Beri pujian pada orang lain dan diri sendiri
5. Gunakan kata-kata yang positif pada diri sendiri
6. Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki
7. Galilah potensi diri
8. Luangkanlah waktu bersama dengan orang lain
9. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain
10. Membaca

3. Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)

Self-love adalah mencintai diri sendiri dengan melibatkan aspek menyadari diri sendiri, menghargai diri sendiri, percaya diri, dan peduli pada diri sendiri. Melansir Medical News Today, peduli dan sayang pada diri sendiri paling dibutuhkan orang yang getol bekerja keras, terus-terusan menantang diri sendiri, dan terobsesi pada kesempurnaan. "Tekanan" pada diri sendiri tersebut lahir dari keinginan untuk terus unggul daripada yang lain dan ingin segala sesuatunya sempurna sepanjang waktu. Menurut penelitian, sikap tersebut dapat mendorong seseorang mengalami gangguan kesehatan mental dan fisik. Untuk itu, diperlukan welas asih dan legawa pada diri sendiri sebagai kontrol, agar seseorang tidak terus-menerus "menuntut" diri sendiri terlalu keras. Dengan self-love, seseorang mampu berpikir lebih jernih saat menghadapi atau mencari solusi suatu masalah.

    Cara tepat untuk mencintai diri sendiri.
1. Perlakukan diri sendiri sama seperti memperlakukan orang lain
2. Pahami dirimu sendiri
3. Lakukan hal yang kamu sukai
4. Latih diri untuk memaafkan setiap kesalahan yang kamu lakukan
5. Lakukan meditasi

    Demikian hal-hal yang dapat sampaikan, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb



       







Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIWAYAT SINGKAT PEMILIK BLOG

Assalamualaikum WR WB           Nama saya Dimas Aditiya biasa dipanggil Dimas, lahir di Indramayu, Jawa Barat pada 29 maret 2002 dari pasangan suami istri Sampad dan Carsinih. Saya anak ke-2 dari 3 bersaudara. Sekarang saya duduk di kelas IX SMP NEGERI 1 GABUSWETAN, Indramayu, Jawa Barat. Wassalamualaikum WR WB 

Penyerbukan Berdasarkan Asalnya Serbuk Sari

Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari diatas kepala putih . Berdasarkan asalnya serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut. 1. Autogami (penyerbukan sendiri), yaitu serbuk sari berasal dari bunga itu sendiri. 2. Geitonogami (penyerbukan tetangga), yaitu serbuk sari berasal dari bunga lain, tetapi satu tumbuhan. 3. Alogami (penyerbukan silang), yaitu serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang sejenis. 4. Hibridasi/bastar , yaitu serbuk sari berasal dari tumbuhan jenis lain